Definisi Bekam

Bekam mempunyai beberapa sebutan, seperti : canduk, canthuk, kop atau nambakan. Di Eropa disbut cupping dan fire bottle. Dalam bahasa Mandarin disebut Pa Hou Kuan. Dalam basaha Arab disebut Hijamah. dari kata Al hijmu yang berarti pekerjaan, yaitu membekam. Al hajjam berarti ahli bekam. Al hijmu berarti menghisap atau menyedot. Sedangkan Al mihjam atau AlMihjamah merupakan alat membekam, yang berupa gelas untuk menampung darah yang dikeluarkan dari kulit, atau gelas untuk mengumpulkan darah hijamah.

Maka secara bahasa, bekam berati menghisap. menurut istilah, bekam bearti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkab darahnya dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung di dalam gelas.

Dalam buku-buku Eropa, bekam didefinisikan dengan “It is therapeutic method in which a jar or cup is attached to the surface of the skin to cause local congestion. This achieved by creation of a negative pressure inside the cup via the introduction of iginited material into the jar to become local blood stasis, and then aspirate blood from the skin, to promote the circulation of qi and blood, induce an analgesic effect, sub due swelling and expel wind, cold and damp pathogens.” (Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung tau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. hal ini disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung, yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukan dalam tabung, agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi chi dan darah, menimbulkan efek alagetik (menghilangkan nyeri) mengurangi pembengkakan serta mengusit pathogen angin baik dingin maupun lembab.

__Terbit pada
Oktober 27, 2019
__Kategori
Bekam